PENGUMUMAN

Website ini telah pindah alamat ke mediatani.co

Anggaran Pertanian 26 Kabupaten Akan Dipangkas

Senin, Juli 20, 2015





MediaTani - Masih belum stabilnya hasil produksi pertanian di Indonesia, membuat Menteri Pertaninan (Mentan) Amran Sulaiman geram. Dia pun mengisyaratakan bakal memotong pagu anggaran daerah jika hasil produksi pertanian dari daaerah tersebut tidak meningkat.



"Saat ini dari pantauan kami ada sekitar 26 Kabupaten yang hasil produksinya kurang maksimal," ujar Amran dalam acara pengiriman beras ke-11 provinsi oleh Sulawesi Selatan, Selasa (14/7).

Menurut Amran, pihaknya tidak akan memberi toleran kepada daerah mana pun yang tidak fokus untuk meningkatkan produksi pertanian. Amran juag akan sangat menyayangkan jika anggaran tahun ini yang telah digelontorkan pemerintah ke daerah kurang terserap dan tidak menghasilkan kebutuhan pokok untuk kesejahteraan rakyat.

Amran menyebut, Kementrian Pertanian telah menyiapkan agar anggaran untuk pertanian di tahun 2016 meningkat. Hasilnya pagu anggaran yang telah diketuk palu mencapai Rp 45 triliun. Dana ini akan disebar untuk pengembangan produksi pertanian. Jika memang ada kabupaten yang tidak memproduksi hasil pertanian secara baik, bukan tidak mungkin daerah tersebut gagal menerima tambahan anggaran yang telah disiapkan ini.

Untuk kawasan Sulawesi Selatan yang sejauh ini menjadi lumbung padi nasional, Amran menuturkan akan meningkatkan dana pertanian untuk Sulsel. "Tahun ini Sulsel sudah mendapat 4 triliun. Tahun depan pasti lebih dari anggaran tahun ini," jelas Amran. (ROL)