PENGUMUMAN

Website ini telah pindah alamat ke mediatani.co

Peningkatan Pertanian Provinsi Jambi Diapresiasi Dirjen Pertanian

Kamis, Maret 19, 2015
Gambar panen (Qomaruddin/tribunjambi)
MediaTani -Peningkatan pertanian di Provinsi Jambi mencapai rata-rata 2,76 persen pertahun sejak tahun 2010. Prestasi tersebut menuai apresiasi dari Dirjen Pangan Kementrian Pertanian RI, Hasil Sembiring.

Apresiasi tersebut diungkapkannya saat menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian tingkat Provinsi Jambi tahun 2015,di aula kantor gubernur, Selasa (17/3). Selain itu dia juga menyampaikan target yang harus dicapai pemerintah Jambi pada sektor pertanian.

Dia mengatakan bahwa Jambi ditargetkan memiliki lahan seluas 181.254 hektare, pada areal pertanian tersebut diharapkan bisa mengahasilkan 80.500 ton per tahun. Sementara untuk tanaman jagung, Jambi ditarget memiliki lahan seluas 12.136 hektare yang mampu memproduksi jagung sebanyak 50.072 ton. Dan untuk lahan kedelai, total luas areal mencapai 10.314 hektar dengan hasil produksi sebanyak 13.537 ton.

Dirjen Pertanian ini juga mengatakan, hingga Februari kemarin pemerintah telah menggelontorkan 23 persen dari total anggaran di sektor pertanian, hal itu menurut Hasil adalah sejarah baru di Indonesia.

“Baru kali ini sejarah di Indonesia, sudah 23 persen anggaran dicairkan per Februari 2015,” katanya.

Pada 2015 ini, pemerintah pusat menggelontorkan dana yang besar untuk sektor pertanian di Jambi, totalnya mencapai Rp 250 miliar. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi, Amrin Aziz mengakui dana yang digelontorkan pemerintah untuk sektor pertanian sangatlah besar. Untuk itu berharap semua kepala dinas pertanian di daerah maupun kota untuk bisa berkoordinasi dengan baik guna meningkatkan hasil pangan di Jambi. (tribunjambi)