PENGUMUMAN

Website ini telah pindah alamat ke mediatani.co

Padi Ciherang di Sragen Capai 11 Ton/Ha

Kamis, Maret 05, 2015
MediaTani - Kelompok Tani Maju II yang berada di Desa Tangkil, Sragen, Jawa Tengah telah mampu menghasilkan 11,44 ton Gabah Kering Panen (GKP) per hektar. Hal ini dibuktikan saat Menteri Pertanian Amran Sulaiman beserta jajarannya mengunjungi kelompok tani tersebut sekaligus melakukan panen raya pada Rabu (25/2).
Dok: Kementerian Pertanian

Tingkat produktivitas yang tinggi itu didapat dari varietas Ciherang yang telah dilepas oleh Kementerian Pertanian pada tahun 2000 dan telah menjadi pilihan bagi sebagian besar petani di Indonesia. Dengan tingkat provitas yang mencapai 11 ton GKP/ha tersebut bahkan melebihi dari potensi hasil yang tertulis di SK pelepasan yaitu sebesar 7 ton/ha. Kelompok Tani Maju II ini sendiri mempunyai luas lahan 61 hektar, sehingga rata-rata produksi yang dihasilkan kelompok tani ini keseluruhan mencapai hampir 700 ton.

Yang menarik, seusai melakukan panen raya, Mentan sempat menemui dan berbincang dengan para petani. Para petani mengeluhkan perbedaan yang sangat mencolok antara harga gabah dengan harga beras di pasaran. Saat ini, harga beras mencapai 12 ribu/kg sementara harga gabah hanya 4.500/kg. Petani setempat mengharapkan adanya kenaikan harga gabah sehingga dapat menguntungkan semua pihak.