PENGUMUMAN

Website ini telah pindah alamat ke mediatani.co

20 T Dikucurkan Demi Kejar Swasembada Pangan

Selasa, Desember 30, 2014
Jokowi bersama Petani
Dalam masa kepimpinannya lima tahun ke depan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berambisi mewujudkan swasembada pangan. Untuk itu rencananya, pemerintah bakal menggelontorkan anggaran sebesar Rp 20 triliun untuk sektor pertanian.

"Insya Allah di APBN-P 2015 kami usulkan Rp 20 triliun," ungkap Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat mendampingi lawatan Jokowi di Subang, Jawa Barat, Jumat (26/12).

Amran mengklaim, sejumlah kepala daerah tingkat Gubernur sudah menyatakan komitmennya untuk membantu merealisasikan ambisi Presiden ke-7 tersebut. "Para Gubernur support rencana swasembada pangan. Sepuluh Gubernur janji menambah (produksi) 2 juta ton (pagi) dibandingkan 2014," tuturnya.

Amran mengungkapkan, saat ini terdapat beberapa permasalahan di sektor pertanian yang kerap dihadapi. Permasalahan tersebut antara lain, irigasi yang 52 persen telah rusak tidak pernah diperbaiki selama kurang lebih 50 tahun.

Kemudian sistem pendistribusian pupuk yang bermasalah. Permasalahan lain, yakni sejumlah benih tanaman yang ada hanya mampu terserap sebesar 20 persen di tahun 2014.

"Ini yang membuat produksi petani menurun," ucapnya.

sumber : [bim]/merdeka.com